Gelar Dolanan Tradisional Anak

03 September 2019 13:27:29 WIB

Bejiharjo_Karangmojo, Minggu 01 September 219 bertempat di Pendopo Joglo Seni Mbah Gito Padukuhan Karanglor telah dilaksanakan Gelar Dolanan Tradisional Anak dengan tema Lestari Budayaku, Maju Negeriku. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Karang Taruna Desa Bejiharjo “Taruna Bhakti” menggunakan dana dari APBDes tahun Anggaran 2019.

Peserta adalah anak – anak mulai dari Paud, TK, Kelas 1-3 SD seDesa Bejiharjo yang didampingi oleh guru serta  orang tua. Dengan jumlah peserta 300 orang. Tamu Undangan adalah Camat Karangmojo yang diwakili oleh Kasi Kesos Karangmojo, Kepala Desa Bejiharjo, Sekretaris Desa Bejiharjo, Ketua Kebudayaan Desa Bejiharjo, Perwakilan Karang Taruna Kabupaten Gunungkidul, dan beberapa tokoh masyarakat.

Turut Memeriahkan acara tersebut yaitu Babhinkamtibmas Desa Bejiharjo, Bripka Kuswandi yang juga ikut memainkan dolanan anak.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk melestarikan permainan /  dolanan tradisional agar tidak terkalahkan oleh gadget. Gaya hidup masa kini memang memudahkan anak untuk bermain di mana saja dan kapan saja hanya bermodalkan gadget dalam genggaman dan sambungan internet. Namun dibalik semua kemudahan ini, terselip pula keresahan bagi para orang tua. Terutama mereka yang menghadapi anak-anaknya kecanduan gadget, tak bisa lepas dari aplikasi permainan ini hingga mengganggu waktu belajar serta menghambat kegiatan mereka yang lainnya. Untuk mengatasi keresahan orang tua tersebut, Karang Taruna Desa Bejiharjo mengadakan Gelar Dolanan Tradisional. Bagi para orang tua, mungkin acara ini bisa menjadi semacam nostalgia pada permainan masa kecil mereka. Sedangkan bagi anak-anak, acara ini bisa menjadi sarana untuk mengenalkan kembali permainan tradisional bagi mereka. Sehingga permainan tradisional seperti ini bisa terus dilestarikan. Dolanan – dolanan tersebut antara lain ada Egrang dari Bambu, Sublak Suweng, Ularnaga, Holahop, Gobak Sodor, Sunda Manda, dakon dan Egrang Batok.

Selain permainan tradisional, juga diadakan lomba mewarnai tingkat Paud, TK, dan SD. Serta ada pertunjukan / Pentas Seni dan pembagian doorprize untuk melatih mental anak – anak.

 

Komentar atas Gelar Dolanan Tradisional Anak

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo

Lokasi BEJIHARJO

tampilkan dalam peta lebih besar