Laporan Hasil Program Kerja Mahasiswa KKN UNY

23 Agustus 2019 12:55:14 WIB

Bejiharjo_Karangmojo, Jum’at, 23 Agustus 2019 bersamaan dengan pamitan dari Mahasiswa KKN UNY, disampaikan laporan hasil program kerja mahasiswa KKN UNY selama melaksanakan tugasnya di Desa Bejiharjo selama 1,5 bulan. Hasil program kerja tersebut antara lain :

  1. SOSIALISASI PELATIHAN MENU SEHAT BAGI BALITA, IBU HAMIL, DAN PENGIDAP DIABETES MELITUS

Kegiatan ini dilakukan pada Jumat, 26 Juli 2019 di Joglo Balai Desa Bejiharjo. Dihadiri oleh perwakilan kader kesehatan Desa Bejiharjo. Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader pelayanan utama.

  1. PELATIHAN DAN SOSIALISASI PROMOSI DESTINASI WISATA BERBASIS IT

Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 21 Juli 2019 di Pendopo Desa Bejiharjo. Pelatihan dihadiri oleh perwakilan Pokdarwis, perwakilan Karang Taruna, dan beberapa perangkat desa.

Tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan promosi wisata yang ada di Desa Bejiharjo melalui media sosial.

  1. Sosialisasi Pembiasaan Gosok Gigi dan Cuci Tangan – Indonesia Sehat

Kegiatan ini dilakukan di SD Gelaran II setiap minggu di hari Selasa mulai 16 Juli 2019 s.d. 30 Juli 2019.Tujuan dari kegiatan ini diharapkan anak-anak mengetahui cara gosok gigi dan cuci tangan yang baik dan benar.

  1. PELATIHAN IT UNTUK APARATUR DESA

Kegiatan Pelatihan IT dilaksanakan pada Kamis, 1 Agustus 2019 dan dihadiri oleh beberapa perangkat Desa Bejiharjo dan seluruh Kepala Dusun di Desa Bejiharjo.

Tujuan dari kegiaran ini yaitu mewujudkan terciptanya website dan data kependudukan yang up to date sehingga memberikan kebermanfaatan lebih kepada seluruh elemen. Selain itu, dengan adanya pelatihan IT akan membantu promosi dari potensi yang ada di Desa Bejiharjo.

  1. PEMBUATAN STANDING BANNER LAYANAN SOP

Kegiatan ini dimulai pada tanggal 15 – 17 Juli 2019.Tujuan kegiatan ini adalah memudahkan masyarakat untuk mengetahui tahapan dalam mengurus pelayanan publik berupa pembuatan KK, pembuatan KTP, dan penerbitan Izin Usaha Mikro dan Kecil.

  1. PEMBUATAN PROFIL DESA WISATA DWIBAHASA

Program kerja ini ditujukan untuk mempromosikan wisata yang ada di Desa Bejiharjo, baik wisata alam maupun wisata budaya dalam bentuk video.

  • Pembuatan profil desa wisata dilaksanakan selama pelaksanaan KKN RM UNY 2019 di Desa Bejiharjo. Adapun destinasi wisata yang turut serta dipromosikan melalui video profil desa wisata dwibahasa, antara lain:
  • Kerajinan Pembuatan Blangkon
  • Wisata Tapak Jaran
  • Goa Pindul
  • Goa Sriti
  • Goa Kristal
  • Situs Sokoliman
  • Kebudayaan “Wayang Beber”
  • Wisata Susur Sungai Oyo
  • Sanggar Seni Budoyo Ndesone Mbah Gito

Penggunaan dwibahasa dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Bagi wisatawan domestik dan masyarakat sekitar dapat pula memberikan tambahan pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan bahasa internasional yaitu Bahasa Inggris.

Profil desa wisata dwibahasa ditujukan untuk masyarakat umum sehingga mengenal destinasi wisata yang ada di Desa Bejiharjo baik wisata alam maupun wisata budaya. Selain itu, profil desa wisata dwibahasa juga dapat digunakan sebagai media promosi bagi Desa Bejiharjo agar pariwisata yang ada semakin dikenal dan mampu untuk memberdayakan masyarakat sekitar.

 

Komentar atas Laporan Hasil Program Kerja Mahasiswa KKN UNY

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo

Lokasi BEJIHARJO

tampilkan dalam peta lebih besar