Bekal Apa Saja Harus Dipersiapkan Untuk Bekerja Ke Luar Negeri?

06 Agustus 2019 13:28:38 WIB

Bejiharjo_Karangmojo, Senin 05 Agustus 2019 bertempat di Balai Desa Bejiharjo, telah dilaksanakan Penyuluhan Kepada Calon Tenaga Kerja Migran Asal Indonesia. Peserta undangan berjumlah 30 orang terdiri dari Calon Tenaga Kerja Indonesia yang akan bekerja ke Luar Negeri.

 

Kegiatan dimulai pukul 09.00 WIB, diawali dengan sambutan Kepala Desa Bejiharjo, dilanjutkan Sambutan dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY, dan dilanjutkan pemaparan materi oleh Narasumber. Peserta diberikan penjelasan dan pengetahuan untuk persiapan kerja ke Luar Negeri. Masyarakat yang ingin bekerja ke luar negeri harus siap dalam tigal hal. Mereka harus siap mental, siap bahasa, dan siap keterampilan. Siap secara mental, berarti calon pekerja migran harus siap secara fisik dan psikis.

Untuk mendukung kesiapan secara mental, calon pekerja migran juga harus siap secara bahasa. Oleh karena itu, pemerintah sedang merintis Balai Latihan Kerja (BLK) yang dilengkapi dengan workshop bahasa di berbagai daerah.

Sementara itu, siap dari sisi keterampilan atau kompetensi akan menempatkan pekerja migran dalam pekerjaan di sektor yang lebih aman dan lebih baik dari sisi jabatan.

“Kalau skill-nya bagus, tentu level pekerjaannya akan bagus. Kalau level pekerjaannya bagus, maka pendapatannya akan bagus. Jika pendapatan bagus, maka kesejahteraan keluarganya akan meningkat,”

Diharapkan dengan adanya kegiatan Penyuluhan tersebut, warga Bejiharjo khususnya yang akan ke Luar Negeri memiliki bekal Ilmu Pengetahuan, sehingga sudah siap menghadapi segala resiko yang ada.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

GK Pulsa

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo

Lokasi Bejiharjo

tampilkan dalam peta lebih besar