Buku Sejarah Desa Bejiharjo Berbahasa Jawa Akan Disusun

Kontributor 27 Januari 2018 07:17:59 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id – Selama 2 hari Pemerintah Desa Bejiharjo mengikuti Bimbingan Teknis Penulisan Sejarah , Legenda, Mitos dan Cerita Rakyat yang diselenggarakan oleh DInas Kebudayaan Kabupaten Gunungkidul pada Kamis dan Jumat (25-26/01/2018) di Balai Desa Kepek Kecamatan Wonosari.

Desa Bejiharjo merupakan satu dari 12 peserta lainnya yang mengikuti kegiatan bimtek yang diselenggarakan Disbud GK pada gelombang kedua ini. Hadir langsung selama kegiatan Kepala Desa Bejiharjo, Yanto, Dewan Kebudayaan Gunungkidul, Sadipan, serta TIM SID Desa Bejiharjo.

Dalam pembukaan bimtek, Sekdin Dibud GK, Siti Isnaini Dekoningrum Nurhandayani mengatakan bahwa Disbud Gunungkidul tengah melaksanan bagian dari Rancangan Pembangunan Daerah Kabupaten Gunungkidul dari Bupati Hj. Badingah S.Sos.

Salah satunya di bidang kebudayaan dalam pembuatan buku sejarah desa dengan target awal bulan mei sudah siap untuk dicetak. Undangan yang hadir nantinya akan diberikan Surat Keputusan dari DInas Kebudayaan untuk menyusun sejarah desa masing-masing.

Uniknya buku yang akan dicetak nantinya tidak menggunakan bahasa sastra Indonesia tetapi dengan Bahasa Jawa Krama Madya sebagai salah satu bentuk penerapan dan pelaksanaan Undang-Undang 13 tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY dalam menjaga dan melestarikan kebudayaan bahasa di Yogyakarta.

Selain CB Supriyanto, Disbud turut menggandeng penulis Yusuf Efendi sebagai narasumber bimtek. Yusuf Efendi merupakan salah seorang penulis dari buku Bangsal Sewoko Projo dan Kampung Pitu. Melalui bimtek ini Yusuf berbagi ilmu kepada peserta bimtek dalam menyusun kerangka penulisan yang akan dibuat oleh masing-masing desa.

Desa Bejiharjo sendiri telah memiliki sejarah desa yang terlampir dalam Profil Desa Bejiharjo yang disusun oleh Tim Penelusur Sejarah Desa Bejiharjo. Menindaklanjuti bimtek tersebut tim penulis nantinya akan mengolah sejarah tersebut dalam bahasa jawa karma madya. krama madya adalah bahasa jawa yang setingkat berada dibawah krama inggil, biasa digunakan kepada orang yang setingkat namun untuk menunjukkan sikap yang lebih sopan.

Draf sejarah desa ini nantinya akan diserahkan ke Disbud Gunungkidul melalui Kasi Sejarah, Sigit Pramudyanto, SIP MM, untuk diolah hingga menjadi buku sejarah Desa Bejiharjo dalam Bahasa Jawa.

Sejarah Desa Bejiharjo dalam Bahasa Indonesia dapat disimak di http://bejiharjo-karangmojo.desa.id/index.php/first/artikel/57

Komentar atas Buku Sejarah Desa Bejiharjo Berbahasa Jawa Akan Disusun

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

GK Pulsa

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo

Lokasi BEJIHARJO

tampilkan dalam peta lebih besar