Pengrajin Batako Seropan Masih Menggunakan Alat Tradisional

Kontributor 06 Februari 2017 10:52:00 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Para pengrajin batako padukuhan Seropan, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo dalam pembuatn batako masih menggunakan alat produksi sederhana atau tradisional. Meski alat cetaknya masih sederhana namun ternyata kualitasnya tidak kalah dengan produksi yang menggunakan alat cetak modern atau bermesin.

Menurut Suyanto selaku pemilik, batako yang dibuatnya telah sesuai standar baik kerapian maupun kehalusan permukaannya. Ada 2 jenis batako yang dibuat yaitu batako penuh dengan ukuran 36 X 14 X 9  cm yang dijual dengan harga Rp.3.000 per buah, ada juga batako berlubang dengan ukuran 38 X 18 X 9 cm dengan harga Rp.3.300 per buah. Harga tersebut termasuk ongkos kirim untuk jumlah tertentu.

Setelah berjuang hampir 20 tahun buah manis mulai dirasakan dengan berkembangnya jaman masyarakat mulai menggunakan batako sebagai bahan pembuatan rumah maupun pagar.

Selain melayani konsumen langsung Yanto saat ini telah mampu melayani beberapa toko material di wilayah Kecamatan Karangmojo. Dengan berkembangnya usahanya saat ini telah mampu mempekerjakan 5 orang.

"Jika semua karyawan masuk tiap hari bisa mencetak hampir 1500 biji mas," kata Bapak usia 65 tahun itu.

Berdasarkan pantauan di Padukuhan Seropan ada 3 perusahaan batako. Produksi batako yang dihasilkan para pengrajin batako di Padukuhan Seropan bentuk dan ukurannya sama, yaitu berbentuk balok. Batako tersebut dijual dengan harga antara Rp.3.000 sampai Rp.3.300 per buah sampai naik dalam bak terbuka mobil angkutan dan diatar sampai ke pemesan.

Untuk memperlancar usahanya Yanto memiliki satu orang tenaga marketing, dialah Sarbowo, bagi siapapun yang membutuhkan batako produksinya dapat menghubingi nomor 085292015995.

"Semoga pemerintah bisa memberikan pelatihan dan pendampingan kepada kami sehingga produk kami nantinya mampu bersaing dengan perusahaan besar tentunya akan berdampak kepada kesejahteraan masyarakat sekitar," tutupnya.

Kontributor : Rismanto

Komentar atas Pengrajin Batako Seropan Masih Menggunakan Alat Tradisional

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

GK Pulsa

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo

Lokasi BEJIHARJO

tampilkan dalam peta lebih besar