Sebuah Monumen Perjuangan Berdiri Tegak di Desa Bejiharjo

Kontributor 25 Januari 2017 11:10:17 WIB

bejiharjo-karangmojo.desa.id - Desa Bejiharjo yang masuk dalam kawasan Gunungkidul, ternyata menyimpan banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Setelah Goa Pindul dengan wisata telusur goanya, dan sederet potensi wisata lainnya, kini satu lagi objek wisata yang tersembunyi di sana.

Objek wisata itu adalah Monumen Jenderal Sudirman yang menawarkan wisata sejarah. Sayangnya, keberadaan monumen ini belum banyak diketahui orang. 

Tidak ada yang pernah mengira di kawasan Desa Wisata Bejiharjo ada peninggalan sejarah yang tak terawat. Di sana berdiri tegak monumen Jenderal Sudirman, tapi tak ada yang tahu secara pasti sejarah yang membelakangi berdirinya monumen ini.

Tugu dengan bentuk piramida ini merupakan wisata sejarah yang menarik kita kunjungi. Monumen Jenderal Sudirman terletak sisi barat laut objek wisata Goa Pindul.  Lokasinya berada di bukit sehingga untuk melihatnya harus menaiki anak tangga yang berjumlah 190 buah.

Lelah setelah mendaki ratusan anak tangga langsung hilang begitu sampai di puncak bukit. Sebuah monumen besar berdiri tegak di tengahnya. Tak banyak orang yang berminat untuk melihat objek wisata sejarah ini, kontras dengan objek wisata di bawahnya, yaitu Goa Pindul yang selalu ramai dikunjungi wisatawan.

Setelah naik mendekat kita akan mendapati tulisan pada monumen dengan huruf Jawa, serta tulisan di bawahnya yang menjelaskan, “Peristiwa 10 Maret 1949 markas komando pemerintahan militer Kabupaten Gunungkidul yang terletak di Desa Gelaran diserbu dan dibakar oleh tentara kolonial Belanda“.

Monumen Jenderal Sudirman ini dibangun pada tahun 1974 dan merupakan monumen penanda peristiwa pengeboman Desa Bejiharjo ketika agresi militer Belanda.

Tidak banyak wisatawan yang tergerak hatinya untuk menikmati salah satu tempat bersejarah ini. Padahal lokasinya berada di dekat dam yang menjadi titik akhir penelusuran Goa Pindul.

Bangunan bersejarah ini berdiri sendiri hanya ditemani dengan pagar pembatas yang kondisinya tak jauh berbeda dengan monumen.

Kontributor Rismanta

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

GK Pulsa

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo

Lokasi BEJIHARJO

tampilkan dalam peta lebih besar