Koperasi Persaja Bejiharjo

24 Januari 2017 10:52:02 WIB

bejiharjo-karanmojo.desa.co.id.  Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Dalam mewujudkan salah satu dari 10 program pokok PKK , PKK Desa Bejihajo mendirikan koperasi simpan pinjam yang diberi nama "Koperasi Persaja.   Saat ini  Koperasi persaja  beranggotakan 1.924 kaum ibu dari 20 Padukuhan se Bejiharjo.  Koperasi yang di ketua oleh ibu Hj. Wasjinem Luwaryono ini merupakan koperasi pertama yang beranggotakan ibu rumah tangga di Desa Bejiharjo, dan sudah berdiri sejak tahun 1987.

“sekalipun koperasi ini belum berbadan hukum tetapi aset kami mencapai 1 milyar lebih ” tutur bu Suratmi, salah satu pengurus Koperasi Persaja ini. Kehadiran Koerasi Persaja ini dirasakan sangat membatu masyarakat, khususnya kaum ibu, karena menjadi anggota koperasi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan keluarga. Koperasi nyatanya dapat meningkatkan kesejahteraan para anggota yang bergabung di dalamnya.  Selain bagus untuk meningkatkan taraf hidup keluarga, koperasi juga dapat menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat.

Pertemuan pengurus Koperasi Persaja dilaksanakan secara rutin pada hari minggu kedua di setiap bulanya, karena anggotanya tersebar di 20 pedukuhan, maka ditunjuklah 20 komisaris yang tugasnya mengumpulkan angsuran dari tiap anggota di wilayah pedukuhan masing-masing. Pada minggu 22 Januari 2017 lalu, para pengurus koperasi Persaja mengadakan pertemuan guna mempersiapkan Rapat Anggota Tahunan.  

Prosedur menjadi anggota koperasi ini sangatlah mudah, calon anggota bisa mendaftar melalui komisaris di Padukuhan masing-masing dengan membayar simpanan wajib  sebesar Rp. 5.000,- dan simpanan pokok Rp. 1.000,- per bulan, selanjutnya anggota baru akan memiliki hak yang sama dengan anggota yang lama  dalam kegiatan simpan pinjam.

Dengan adanya Koperasi Persaja ini diharapkan menjadi salah satu upaya untuk penguatan modal bagi para kaum ibu pelaku usaha kecil menengah di Desa Bejiharjo.

Kontributor :Tri winarsih

 

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

GK Pulsa

Kunjungi Website

Cek Permohonan E-KTP

Cek Status Permohonan KTP

Kabar Desa Bejiharjo

Lokasi Bejiharjo

tampilkan dalam peta lebih besar